UNIT KEGIATAN TARUNA / UKT

Akademi Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara memberikan wadah bagi para taruna taruni untuk mengembangkan potensi diri melalui berbagai Unit Kegiatan Taruna (UKT). UKT yang ada di AIP-NUSRA antara lain: UKT Tarpala, UKT Pedang Pora,UKT English Camp,UKT Pramuka,  UKT Marching Band, dan UKT Futsal

Unit Kegiatan Taruna Tarpala

Memfasilitasi para taruna-taruni yang mempunyai bakat dan ingin berkegiatan pada organisasi yang berorientasi pada kegiatan nyata dalam menerapkan kecintaan pada kebaharian dalam pandu Satuan Karya Pramuka. Untuk bisa bergabung dalam UKT ini taruna-taruni diharapkan mempunyai kemampuan dalam bidang kepramukaan. adapun jinis kegiatannya seperti di bawah ini.

Unit Kegiatan Taruna Pedang Pora

Pedang pora berasal dari kata Pedang Pura atau Gapura Pedang memang menjadi tradisi pernikahan bagi perwira militer sebagai tanda melepas masa lajangnya. Upacara ini diiringi rangkaian pedang berbentuk gapura yang dibentuk dari hunusan pedang rekan-rekan sang perwira atau adik angkatan mempelai pria. Di karenakan akademi ilmu pelayaran nusa tenggara merupakan salah satu sekolah semi militer sehingga di bentuklah pasukan pedang pora . Sebagai pasukan pedang pora  memiliki   rangkaian kegiatan  seperti  wisuda kampus dan pernikahan alumni di lingkungan akademi ilmu pelayaran nusa tenggara.

Unit Kegiatan Taruna English Camp

Melakukan English Camp dalam kesehariannya dan berkegiatan yang berpusat pada pengembangan kemampuan berbahasa tiap anggotanya. Setiap tahun, unit kegiatan ini mengadakan kegiatan yang dipusatkan di Akademi Imu Pelayaran Nusa Tenggara,  selama satu bulan. Taruna-taruni yang bergabung dalam unit ini diarahkan untuk bisa menguasai bahasa inggris dan dapat mengikuti kompetisi debat yang di selenggarakan langsung oleh Akademi Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara.
 

Unit Kegiatan Taruna Pramuka

Memfasilitasi para taruna-taruni yang mempunyai bakat dan ingin berkegiatan pada organisasi yang berorientasi pada kegiatan nyata dalam menerapkan kecintaan pada kebaharian dalam pandu Satuan Karya Pramuka. Untuk bisa bergabung dalam UKT Pramuka, taruna-taruni diharapkan mempunyai kemampuan dalam bidang kepramukaan.

Unit Kegiatan Taruna Marching Band

Unit ini memfasilitasi taruna-taruni untuk mengembangkan bakatnya tak hanya di bidang bermusik, namun juga keorganisasian dan olah fisik. Para taruna-taruni akan dibimbing untuk menjadi komak dan cakap dalam bermain instrumen marching band, serta cekatan dalam kemampuan baris-berbaris. UKT Marching Band Akadmi Ilmu Pelayaran Nusa Tenggara. Tak lupa, UKT Marching Band juga sering tampil dan memenuhi berbeagai undangan mulai dari tingkat desaa hingga tingkat provinsi.

Scroll to Top